Saturday, February 28, 2009

how to start business Distro and Clothing

Setelah membaca artikel saya yang pertama "how to start business Distro and Clothing"
Anda punya jiwa seni? atau sekedar hobi mendesain?
BAGAIMANA caranya agar hobi atau jiwa seni anda bisa menjadi bisnis yang menguntungkan? bukankah merek-merek clothing seperti eat 347, unkl 347, ouval research, Badger dan Airplan bermula dari hoby dan komunitas? tentusaja tidak semudah yang kita bayangkan. Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis distro ataw Clothing Compani adalah:

1. Memilih nama dan mendesain logo perusahaan.
Nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari calon konsumen potensial yang kita sasar, Sebelum memutaskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo. Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe, karakter atau konsep melalui logo atau simbol, Oleh karena pentingnya logo maka tidak heran para pengusaha besar berani mengeluakan dana yang sangat besar untuk membayar konsultan atau desainer handal. Sebaiknya desain loga ataw lambang tidak rumit, cukup dengan kata aau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.

2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis.
3. Mencari ataw mwngefaliasi pasar yang menjadi target pemasaran.
Cara manual dalam mencari segmen pasar adalah melalui promosi mulut-ke mulut pada teman-teman atau komunitas yang kita punya. Kemudian bisa membuat brisur untuk promosi atau membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas.

Memulai usaha clothin dapat dimulai dengan modal yang tidak begitu besar, yang paling penting memiliki kemampuan, memiliki tekad yang kuat, komunikatif dan memiliki ruang lingkup atau komunitas. Setelah itu yang dapat ada lakukan adalah:
1. Sediakan sebuah ruangan kecil misalnya mengambil satu sudut rumah atau garasi, namun jika tidak kita bisa berkonsinyasi kepada distro.
2. pengadaan barang biasanya titip jual dengan komisi 12%-25% untuk pihak distro.

Sedangkan untuk mendirikan Distro hal yang perlu dilakukan adalah:

1. Niat dan semangat.
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika mendirikan distro adalah semangat dan idealisme yanng tinggi untuk menjalankan bisnis independen ini.
2. Modal.
Modal yang dibutuhkan relatif, bisa besar dan bisa juga kecil tergantung skala usaha yang akan kita mulai. Jika belim memiliki tempat sendiri, maka bisa dengan menyewa tempat terlebih dahulu.
3. Jenis.
tentukan konsep distro anda yang tujuannya untuk membidi segmen pasar dan distributar yang akan memasok produknya ke distro anda.
4. Lokasi.
Cari tempat yang tidak hanya strategis namun menggambarkan siapa saja target pasar anda. Jika komunitas tertentu mengarah lah ke komunitas tersebut, Jika remaja dan usia pelajar maka arahkan jugalah ke tempat yang mereka sering datangi.
5. Mengisi Toko.
Hal ini perlu komunikasi yang baik terhadap clothing yang anda targetkan untuk mengisi distro anda dan jangan lupa sesuai dengan konsep distro anda( jangan mencampur beberapa merek dengan konsep yang berbeda )
6. manajemen.
Anda harus membuat pembukuan yang tujuannya untuk mengetaui arus masuk dan arus keluar keuangan sehingga kita dapat mengetahui dengan jelas untung atau rugi(setiap bulan pembukuad di update/dijumblahkan)
7. Visi dan Misi.
Hal ini menjadi penting untuk memotivasi anda agar lebih konsisten untuk tujuan yang akan anda capai. DF\an jangan lupa tentukan positioning yang akan anda capai.
8. Membentuk tim.
Hal ini bertujuan untuk efektifitas dalam pembagian tugas, mulai dari desain, promosi, manajemen dan marketing. Selain itu untuk stabilitas usaha, karena ada kemungkinan kita down atau jenuh, jadi ada rekan-rekan yang akan memotifasi agar bangit dan terus berjalan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment